ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN Ny, D POST PARTUM ATERM PBK HARI I DENGAN RUPTUR PERINEUM TK. II DI RUANG PERAWATAN BAJI GAU II RSUD LABUANG BAJI MAKASSAR 23 – 25 AGUSTUS 2004

BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Mortalitas dan mordibitas pada wanita hamil, bersalin dan nifas adalah masalah besar di negara berkembang. WHO memperkirakan pada tahun 1996 lebih dari 585.000 ibu pertahunnya meninggal saat hamil atau bersalin. Tahun 1995 di Beijing dan 1997 di Colombo mengadakan konferensi internasional menurunkan angka kematian ibu, tahun 2000 menjadi separuh sejak 1900. dari 450 per 100.000 kelahiran hidup pada tahun 1986 menjadi 225 pada tahun 2000.

Di Indonesia tingginya AKI 390 per 100.000 kelahiran hidup (SDKI, 1994) tertinggi di ASEAN menempatkan upaya penurunan AKI sebagai program prioritas. Pada tahun 1990-1991 diterapkannya rekomendasi dalam bentuk strategi operasional untuk mempercepat penurunan AKI serta mengadakan lokakarya kesehatan reproduksi yang menunjukkan komitmen untuk melaksanakan upaya kesehatan dan meluncurkan gerakan sayang ibu. Tingginya angka kematian maternal dan bayi tergantung perawatan kesehatan ibu hamil, pertolongan persalinan yang baik dan perawatan masa nifas.

Berdasarkan data pasien nifas di RSUD Labuang Baji Makassar bagian perawatan Baji Gau II jumlah penderita dengan kasus obstetric pada bulan Januari-Desember 2003 dengan pola persalinan normal sebanyak 561 (71,49%) dan yang mengalami ruptur sebanyak 163 (22,51%) dan pada bulan Januari-Agustus 2004 partus normal tercatat 444 (71,73%) dan ruptur 175 (28,27%).

Dari data tersebut di atas maka penulis mengambil judul Asuhan Keperawatan pada Ny. D dengan Post Partum Aterm PBK Hari I di Ruang Perawatan Baji Gau II Rumah Sakit Labuang Baji Makassar pada tanggal 23 – 25 Agustus 2004.

  1. Ruang Lingkup

Adapun yang menjadi ruang lingkup bahasan penulis adalah pelaksanaan studi kasus yaitu “Asuhan Keperawatan pada Klien Ny. D dengan Post Partum Aterm PBK Hari I di Ruang Perawatan Baji Gau II di RSUD Labuang Baji Makassar mulai tanggal 23 – 25 Agustus 2004.

  1. Tujuan Penulisan
    1. Tujuan Umum

Untuk mendapatkan gambaran yang nyata dalam melaksanakan asuhan keperawatan pada klien post partum hari I dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan.

  1. Tujuan Khusus
    1. Dapat melaksanakan pengkajian tentang perubahan fisiologis, psikologis, sosial dan spiritual post partum aterm PBK hari I.
    2. Dapat melakukan perencanaan asuhan keperawatan pada klien post partum aterm PBK hari I dengan diagnosa keperawatan yang telah diambil berdasarkan prioritas masalah.
    3. Dapat melakukan pelaksanaan asuhan keperawatan pada klien post partum aterm PBK hari I yang sesuai dengan perencanaan tindakan keperawatan.
    4. Dapat melakukan evaluasi dan mengukur keberhasilan dari tindakan penyelamatan yang telah dilaksanakan apakah tindakan tersebut dapat mengurangi, memecahkan masalah atau tidak.
    5. Dapat melakukan pendokumentasian asuhan keperawatan kepada klien post partum aterm PBK hari I sesuai dengan tindakan yang dilakukan.
  2. Metode Penulisan

Adapun metode yang digunakan dalam penulisan karya tulis ini adalah :

  1. Studi Kepustakaan

Yaitu membaca dan mempelajari literatur yang menerangkan dan berhubungan dengan post partum dan perawatannya baik berupa buku-buku dan bahan informasi lainnya.

  1. Studi kasus yaitu mengkaji, merencanakan, melaksanakan asuhan keperawatan pada klien secara langsung di ruang perawatan Baji Gau II dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan secara komprehensif yang meliputi pengkajian data, analisis dan penetapan diagnosa keperawatan yang dilakukan. Untuk menghimpun data dalam pengkajian dapat digunakan teknik observasi, studi dokumentasi.
  2. Manfaat Penulisan
    1. Sebagai salah satu persyaratan dalam menyelesaikan pendidikan diploma III Akademi Keperawatan Anging Mammiri.
    2. Sebagai bahan masukan bagi tenaga keperawatan khususnya pada Bagian Nifas RSUD labuang Baji Makassar dan bagi penulis sendiri.
  3. Sistematika Penulisan

Penulisan karya tulis ini dibagi dalam lima bab dengan susunan sebagai berikut :

Bab I      :  Pendahuluan

Dalam bab ini diuraikan tentang latar belakang, ruang lingkup, tujuan penulisan, manfaat penulisan, metode dan sistematika penulisan.

Bab II     :  Tinjauan Teoritis

Pada bab ini akan diuraikan tentang konsep-konsep atas teori yang mendasari penulisan karya tulis ini, yaitu sebagai berikut :

  1. Konsep dasar medis meliputi : pengertian, periode masa nifas, adaptasi fisiologi masa nifas, adaptasi psikologis masa nifas, perawatan masa nifas, pengawasan masa nifas.
  2. Konsep asuhan keperawatan meliputi : pengkajian, diagnosa keperawatan, interfensi dan evaluasi

Bab III   :  Tinjauan Kasus

Pada bab ini akan diuraikan hasil studi kasus pada post partum meliputi : pengkajian, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

Bab IV   :  Pembahasan

Membahas tentang kesenjangan antara teori dan praktek keperawatan yang dilaksanakan terhadap kasus yang telah ditentukan.

Bab V     :  Penutup

Bab ini merupakan akhir dari penulisan berisi kesimpulan dan saran

About these ads

Comments are disabled.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 27 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: