EFEKTIVITAS PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA PAREPARE

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Pengadaan air bersih merupakan kegiatan pemanfaatan sumber daya alam yang berguna bagi kehidupan manusia, di mana air merupakan kebutuhan dasar manusia yang sangat vital bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat, baik kebutuhan sehari-hari maupun kebutuhan yang lain.

Sebagai bangsa merdeka yang telah dikaruniai oleh Tuhan Yang Maha Esa berupa kekayaan alam yang terkandung di bumi negara Indonesia ini, salah satunya adalah sangat mutlak digunakan untuk umat manusia sepanjang masa, demi kebutuhan kehidupan sehari-hari. Mengingat fungsi dan kebutuhan air sebagai  kebutuhan pokok hidup manusia dan merupakan sumber alam yang terkandung didalam bumi, maka tepatlah kiranya landasan pokok tentang pemanfaatan air dan kekayaan yang terkandung di wilayah Indonesia diatur dalam UUD 45 Pasal 33 ayat (3) yang berbunyi:

“Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.”

Berdasarkan landasan tersebut dapat kita hayati, bahwa negara kita telah mempunyai keinginan besar untuk menguasai dan mengatur pemanfaatan air demi terpenuhinya kebutuhan warga masyarakat secara adil dan merata, maka dalam hal penyediaan air minum memerlukan perencanaan yang matang. Dalam arti perlu ditangani secara efesien dan efektif sehingga dapat memberikan pelayanan yang memuaskan bagi masyarakat.

Kebutuhan dasar akan air selalu meningkat dan berkembang sejalan dengan pertumbuhan penduduk dan kemajuan diberbagai bidang akibat pembangunan, karena sejalan dengan kemajuan itu semakin meningkat pula kebutuhan warga masyarakat. Air tidak lagi hanya semata-mata berfungsi untuk minum, mandi, dan mencuci tetapi juga berkembang menjadi bahan ekonomis terutama di kota-kota.

Dengan melihat kenyataan yang ada, tidak dapat dipungkiri, bahwa air merupakan suatu kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat. Olehnya itu peranan pemerintah daerah sangat diharapkan, karena salah satu fungsi dari pemerintah adalah melayani kepentingan masyarakat. Untuk itu dalam hal urusan penyediaan dan pelayanan air bersih diberikan sepenuhnya kepada tiap-tiap daerah untuk mengelolanya, maka berdasarkan Surat Keputusan Walikota Parepare tanggal 1 Januari 1980 No. KPTS/15/ WKP/1980, menyatakan bahwa segala hak, kewajiban, perlengkapan, dan kekayaan serta usaha-usaha pengurusan air minum dan pelayanan masyarakat yang dulunya dikelola oleh Dinas Pekerjaan Umum diberikan sepenuhnya kepada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Parepare untuk memberikan pelayanan dalam rangka memenuhi kebutuhan air bersih bagi penduduk Kota Parepare.

Perusahaan Daerah Air Minum Kota Parepare secara administratif sebagai perangkat operasional Pemerintah Kota Parepare dengan tujuan menyelenggarakan kemanfaatan umum guna memenuhi kebutuhan dasar. Kondisi umum yang dihadapi Perusahaan Daerah Air Kota Parepare sehubungan dengan pelayanan terhadap pelanggan yaitu adanya kesulitan dalam pemasangan atau sambungan baru bagi masyarakat yang sudah lama mendaftarkan diri tetapi belum mendapat sambungan atau belum mendapat pemasangan instalasi, di samping itu distribusi air yang kadang-kadang kurang lancar ke rumah-rumah pelanggan.

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Parepare mempunyai tujuan untuk mengusahakan penyediaan air, memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat, serta sebagai sumber pendapatan asli daerah. Dalam kondisi tersebut Perusahaan Daerah Air Minum Kota Parepare dituntut untuk meningkatkan pelayanannya. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Parepare dikatakan berhasil atau efektif apabila masyarakat telah benar-benar memperoleh distribusi air, yang mana dapat dilihat dalam pelaksanaan kegiatan pelayanan administratif dan pelayanan distributif yang tentunya dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu.

Dengan ulasan dari berbagai alasan tersebut  melatar belakangi penulis untuk mengadakan penelitian pada pelayanan kepada masyarakat dengan maksud untuk mengetahui sejauh mana efektivitas pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum Kota Parepare.

1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang penelitian di atas masalah penelitian dapat dirumuskan sebagai berikut :

1        Bagaimana efektivitas pelayanan administratif dan pelayanan distribusi Perusahaan Daerah Air Minum Kota Parepare?

2        Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum Kota Parepare ?

1.3 Tujuan dan Kegunaan Penelitian

1)      Tujuan Penelitian

  1. Untuk mengetahui  bagaimana efektivitas pelayanan administratif dan pelayanan distribusi  Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Parepare
  2. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat efektivitas pelayanan pada perusahaan Daerah Air Minum Kota  Parepare

2)      Kegunaan Penelitian

  1. Sebagai sumbangan pemikiran kepada Perusahaan Daerah Air Minum Kota (PDAM) Parepare dalam mengambil langkah  untuk dapat meningkatkan efektivitas pelayanan administratif dan pelayanan distribusi Sebagai suatu catatan dalam mengakumulasi faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pelayanan yang di harapkan mampu mengantisipasi dalam rangka. pengembangan Perusahaan Daerah Air Minum Kota Parepare di masa mendatang.
  2. Dengan hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan yang lebih luas bagi penulis terutama dalam hal pelayanan dan di harapkan dapat bermanfaat bagi peneliti lain sebagai bahan referensi.

About these ads

Comments are disabled.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 27 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: