STUDI KASUS PERJANJIAN KERJASAMA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA DAN PT. ASURANSI TAKAFUL KELUARGA CABANG MAKASSAR ATAS PRODUK ATM FULPROTEK

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Penggabungan sistem perbankan dan asuransi syariah dalam bentuk pembuatan ATM (Automatic Teller Mesin), terbilang baru di Indonesia. Terobosan ini tak lain disebabkan peningkatan pelayanan, dan sekaligus penarik bagi penambahan nasabah. Betapa tidak, dengan penggabungan sistem ini mengantarkan kemudahan bagi nasabah bank syariah untuk sekaligus memiliki asuransi dalam menjalankan ataupun menyimpan tabungannya. Penyatuan ini sendiri, dilakukan PT. Bank Muamalat dan PT. Asuransi Takaful dalam bentuk perjanjian kerjasama, berupa penyatuan sistem pembayaran dan transaksi keuangan nasabah bank yang sekaligus anggota peserta asuransi syariah. Kerjasama ini lebih mudah lagi, karena keduanya berada dalam satu group perusahaan.

Pembuatan kartu ATM (Automatic Teller Mesin) Fulprotek, dapat difungsikan sebagai transaksi perbankan yakni penyetoran dan penarikan uang tanpa menggunakan lagi buku tabungan ataupun rekening koran. Nasabah cukup menggunakan SMS (Short Message System) untuk mengetahui berapa jumlah dana tabungannya yang tersimpan, juga bisa mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya dalam satu bank. Selain itu, ATM ini multi fungsi yang dapat digunakan pula untuk pembayaran belanja di supermarket, membelian pulsa elektrik, hingga perlindungan asuransi. Penyatuan sistem perbankan dan asuransi yang sangat komplit dan nyaman bagi nasabah.

Sistem administrasinya murah dan praktis, ditangani langsung PT. Asuransi Takaful Keluarga dalam penerbitannya, berupa pendaftaran, hingga kebutuhan konsultasi bagi nasabah. Sistem pembayaran asuransinya beragam tergantung jenis asuransi yang dipilih oleh nasabah, dan asuransi dasar yang harus dimiliki nasabah adalah asuransi jiwa berupa perlindungan kecelakaan atau lebih dikenal dengan asuransi Fulprotek. Sistem pembayarannya menggunakan sistem auto debet, atau penarikan secara langsung ke rekening nasabah setiap tahun tanpa perlu merepotkan nasabah datang lagi di kantor melakukan pembayaran. Penyetoran uang nasabah yang ingin ditabungkan pun dapat dilakukan di kantor pos di seluruh Indonesia yang melayani sistem on line, selain melakukan pembayaran melalui kantor-kantor bank Muamalat. Begitupun dengan penarikan uang, nasabah tidak hanya dapat datang langsung di kantor bank Muamalat, tapi juga dapat melakukannya di setiap ATM Muamalat dan ATM bersama yang melakukan sistem jaringan ATM dengan bank BCA, BNI, BTN dan bank lainnya.

ATM Fulprotek merupakan modifikasi, pada awalnya kartu ATM dan nama tabungan yang ditangani Bank Muamalat bernama Shar-E, yang kemudian setelah ada penggabungan dengan PT. Asuransi Takaful Indonesia dimodifikasi menjadi ATM Fulprotek tapi fungsi Shar-E masih tetap ada. Merupakan investasi syariah yang dikemas khusus dan dapat melakukan transaksi perbankan di Kantor-Kantor Pos Online di seluruh Indonesia.

Prinsip yang digunakan pihak bank diantaranya Easy atau mudah memilikinya, mudah penyetorannya, mudah pengelolaan dananya. Dengan membeli paket perdana ATM Fulprotek akan langsung menjadi nasabah Bank Muamalat dan peserta asuransi Takaful. Cukup membeli paket ATM Fulprotek di kantor PT. Asuransi Takaful Indonesia terdekat di seluruh Indonesia. Selanjutnya nasabah dapat melakukan penyetoran tabungan investasi nasabah melalui seluruh kantor pos online. Setiap bulan nasabah memperoleh bagi hasil murni syariah yang akan ditambahkan ke rekening nasabah setiap bulannya.

Kartu ATM ini dapat pula dilakukan  penarikan tunai di lebih dari 8.800 jaringan ATM BCA dan ATM Bersama di seluruh Indonesia selama 24 jam. Sebagai kartu debit untuk berbelanja di 18.000 merchant berlogo Debit BCA, fasilitas phone banking 24 jam, informasi saldo, histori transaksi, rubah PIN, pemindahbukuan antar rekening, pembayaran ZIS, Fasilitas pembayaran zakat otomatis. Fasilitas pembayaran otomatis atau autodebet tagihan bulanan semisal telepon, listrik, dan HP.

Persyaratan produk ini pun terbilang mudah, dengan membeli paket perdana ATM Fulprotek yang beragam mulai dari harga Rp. 175.000,-, Rp. 275.000,-, dan Rp. 750.000,-. Mengisi Formulir aplikasi pembelian ATM Fulprotek, menyerahkan copy identitas diri. Dan uang dapat ditarik pada anggota ATM Bersama, yakni BNI, BRI, Danamon, Niaga, Bukopin, Mega, Permata, NISP, Bumiputera, DKI, Jabar, Jatim, Sulsel, Kaltim, Kalsel, IFI, BTPN, Swadesi, Mayapada, Prima Express, Nusantara Parahyangan, Standard Chartered, ABN AMRO, Commonwealth Bank.

Sistem syariah yang digunakan, menghindarkan pula masyarakat dari riba atau bunga uang,  gharar atau ketidakpastian dan maisir atau perjudian. Hal ini merupakan skema resiko dan larangan berdasarkan ajaran agama Islam yang harus dihindarkan oleh Asuransi syariah, untuk menghidarkan nasabah dari sesuatu yang dilarang berdasarkan agama dan mendapatkan pahala karena menjalankan sunnah rasul dan perintah agama berdasarkan al Quran dan sunnah. Dorongan awal inilah, yang membuat banyak masyarakat muslim di Indonesia mulai beralih dari sistem konvensional menuju sistem Islami atau halal.

Jaminan kehalalan ini, dapat dilihat dari penghindaran kerugian perusahaan asuransi dari pailit akibat pembayaran ganti rugi nasabah akibat kecelakaan atau bencana. Selain itu, sistem yang digunakan merupakan sistem bagi hasil, dimana keuntungan pengelolaan ini dirasakan juga oleh nasabah, adapula kelebihannya karena pihak asuransi telah memberikan potongan infaq sebesar 5% guna amal bagi nasabah. Keuntungan itu, selain dirasakan kedua belah pihak turut pula dirasakan oleh pemerintah, melalui peningkatan penggerakan ekonomi masyarakat demi kesejahteraan masyarakat.

Penyatuan sistem ini, telah membawa peningkatan aturan, sistem kerja dan produk yang dihasilkan bagi masyarakat. Peningkatan aturan berupa adanya aturan baru yang diberlakukan dengan bersandar pada perjanjian kerjasama yang disepakati kedua belah pihak antara PT. Asuransi Takaful Keluarga dan PT. Bank Muamalat Indonesia, hukum apa yang dipakai dalam penyelesaian masalah apakah hukum Islam ataukah hukum nasional, terutama ketika terjadi wan prestasi.

Menariknya dikaji hal ini, mengaju pada hukum Indonesia apakah telah memenuhi standar aturan berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan jo. Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998, dan karena belum adanya aturan perundang-undangan khusus mengenai perbankan syariah dan asuransi syariah. Ataukah merupakan terobosan baru dalam dunia asuransi dan perbankan syariah, serta aturan hukum apa yang akan digunakan ketika terjadi wan prestasi, apakah telah ada hukum nasional yang mengatur. Sistem non litigasi dan litigasi apa yang diterapkan dan apa dampak hukumnya bagi kedua belah pihak, dan nasabah pula. Hal tersebutlah yang mendasari secara garis besar tentang kupasan kajian ilmiah ini, mencoba menganalisa perlindungan bagi nasabah dan proses hukum dalam penyelesaian perkara terutama ketika terjadi wanprestasi.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan pemaparan di atas, maka penelitian yang mengupas mengenai Studi Kasus Perjanjian Kersama PT. Bank Muamalat dan PT. Takaful Indonesia Cabang Makassar atas produk ATM Fulprotek, merumuskan masalah kedalam :

  1. Bagaimana sistem perlindungan hukum ATM Fulprotek terhadap nasabah ?
  2. Bagaimana bentuk penyelesaian hukum dalam pelaksanaan produk ATM Full Protek ?

C. Tujuan Penulisan

Adapun tujuan dan penulisan skripsi ini adalah:

  1. Untuk mengetahui sistem perlindungan ATM Fulprotek bagi nasabah
  2. Untuk mengetahui bentuk penyelesaian hokum dalam pelaksanaan produk ATM Fulprotek.

Sedangkan kegunaan penulisan skripsi ini adalah:

  1. Diharapkan dapat menambah wawasan dalam hal perbankan dan asuransi syariah.
  2. Diharapkan untuk menambah referensi pada Fakultas Hukum Unhas
  3. Dapat menjadi masukan atau referensi bagi pembaca yang memerlukan atau ingin mengkaji segala sesuatu yang berkaitan tentang asuransi dan perbankan syariah.
  4. Bahan masukan bagi PT. Asuransi Takaful Indonesia dan PT. Bank Muamalat dalam pengembangan perbankannya.
About these ads

Comments are disabled.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: