TINJAUAN HUKUM TENTANG TUNTUTAN PEMBAYARAN KLAIM ASURANSI (Studi Kasus pada PT. AXA Life Indonesia)

BAB I

PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang Masalah

Kehidupan dan kegiatan manusia, pada hakikatnya mengandung berbagai hal yang menunjukkan sifat hakiki dari kehidupan itu sendiri. Sifat-sifat hakiki yang dimaksud di sini adalah suatu sifat “tidak kekal” yang selalu menyertai kehidupan dan kegiatan manusia pada umumnya. Sifat tidak kekal termaksud selalu meliputi dan menyertai manusia, baik ia sebagai pribadi, maupun ia dalam kelompok atau dalam bagian kelompok masyarakat dalam melaksanakan kegiatan-kegiatannya.

Problem yang dihadapi manusia adalah kemungkinan kematian yang terjadi terlalu dini. Kematian ini merupakan hal yang pasti, namun masalah waktu atau kapan kematian itu datang adalah suatu hal yang tidak dapat ditentukan oleh manusia. Salah satu cara untuk mengurangi risiko tersebut di atas yaitu dengan mengalihkan atau melimpahkan kepada risiko tersebut pihak atau badan usaha lain. Yang dimaksud pihak atau badan usaha lain itu ialah suatu lembaga yang menjamin sekiranya timbul suatu peristiwa yang tidak diinginkan, lembaga ini dikenal dengan apa yang disebut asuransi.

Salah satu jenis asuransi yang dikenal sekarang ini adalah asuransi jiwa. Pada  asuransi jiwa yang dipertanggungkan ialah yang disebabkan oleh kematian (death). Kematian tersebut mengakibatkan hilangnya pendapatan seseorang atau suatu keluarga tertentu.

Risiko yang mungkin timbul pada asuransi jiwa terutama terletak pada “unsur waktu (time), oleh karena sulit untuk mengetahui kapan seseorang meninggal dunia. Untuk memperkecil risiko tersebut, maka sebaiknya diadakan pertanggungan jiwa.

Dewasa ini perjanjian atau kontrak antara penanggung dan tertanggung hampir selalu menggunakan perjanjian atau kontrak yang berbentuk baku (polis). Penggunaan perjanjian baku ini dilakukan agar transaksi-transaksi jasa dapat dilakukan secara efisien dan praktis tanpa adanya hambatan sebagai akibat terjadinya “tawar menawar” sebelum menutup suatu perjanjian. Dalam perjanjian baku, klausula-klausula dalam perjanjian telah ditetapkan secara sepihak oleh penanggung sehingga klausula-klausula tersebut cenderung lebih mengutamakan hak-hak penanggung dibandingkan hak-hak tertanggung dan kewajiban-kewajiban penanggung.

Pada asuransi jiwa satu-satunya peristiwa yang tidak pasti (evenemen) yang menjadi beban risiko penanggung adalah kematian. Namun tidak selalu evenemen yang menjadi beban tertanggung itu terjadi bahkan sampai berakhirnya jangka waktu asuransi. Apabila jangka waktu berlaku asuransi itu habis tanpa terjadi evenemen, maka beban resiko penanggung berakhir. Tetapi dalam perjanjian ditentukan bahwa penanggung akan mengembalikan sejumlah uang kepada tertanggung apabila sampai jangka waktu asuransi habis tidak terjadi evenemen. Dengan kata lain, asuransi jiwa berakhir sejak jangka waktu berlaku asuransi habis diikuti dengan pengembalian sejumlah uang kepada tertanggung.

Hal inilah yang menarik perhatian penulis untuk mengadakan penelitian tentang pelaksanaan asuransi jiwa khususnya pembayaran klaim melalui suatu topik bahasan dalam skripsi ini dengan judul “TINJAUAN HUKUM TENTANG TUNTUTAN PEMBAYARAN KLAIM ASURANSI (Studi Kasus pada PT. AXA Life Indonesia)”.

B.   Perumusan Masalah

Berdasarkan pada latar belakang masalah di atas, maka yang menjadi permasalahan dalam penulisan skripsi ini adalah : Apakah pelaksanaan pembayaran klaim sudah sesuai dengan kontrak?

C.   Tujuan Dan Manfaat Penelitian

1.    Tujuan Penelitian

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui pelaksanaan pembayaran klaim pada perjanjian asuransi PT. AXA Life Indonesia Makassar sudah sesuai dengan kontrak.

2.    Kegunaan Penelitian

Adapun kegunaan dari diadakan penelitian ini adalah :

  1. Sebagai sumbangan pemikiran dalam pengembangan ilmu hukum khususnya dalam bidang perasuransian.
  2. Memberikan masukan bagi PT. AXA Life Indonesia dengan memaparkan dan menganalisis alternatif ideal yang ditempuh dalam pelaksanaan perjanjian asuransi jiwa.

Comments are disabled.

%d blogger menyukai ini: