IMPLIKASI PENGGUNAAN MODAL TERHADAP PROFITABILITAS PADA PT. CIPTA KARYA MAKMUR BERSAMA

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Sebagaimana diketahui  bahwa dalam dunia usaha menginginkan agar tujuan dapat tercapai atau sekurang-kurangnya kontinuitas perusahaan dapat dipertahankan, akan tetapi kenyataannya banyak dijumpai perusahaan yang tidak dapat berkembang karena ketidakmampuan didalam menghadapi persaingan, kegagalan ini tentunya tidak diinginkan oleh manajemen perusahaan.

Secara umum hampir semua perusahaan menghadapi masalah  dalam usaha memajukan atau mengembangkan usahanya. Perusahaan   sebagai suatu organisasi harus mengadakan pengelolaan dan koordinasi yang baik terhadap semua kegiatan dan fungsi yang ada dalam  perusahaan  itu, dimana fungsi yang dimaksudkan itu meliputi fungsi keuangan, fungsi   produksi, fungsi pemasaran dan fungsi administrasi.

Dalam dunia usaha pada umumnya dibutuhkan modal yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan modal  kerja,  maupun dalam bentuk lain baik yang berasal dari luar maupun yang berasal dari perusahaan itu  sendiri untuk membelanjai operasi perusahaan.

Untuk itu perusahaan harus selalu berusaha dalam menyiapkan sumber dana. Suatu perusahaan dikatakan mempunyai keseimbangan finansial apabila perusahaan tersebut tidak mengalami gangguan keuangan selama menjalankan operasinya. Terciptanya keadaan seperti itu, karena adanya keseimbangan antara dana yang tersedia dengan dana yang dibutuhkan. Sebaliknya apabila terjadi pembelanjaan yang tidak seimbang maka situasi seperti ini akan mengganggu kegiatan jalannya operasi perusahaan secara keseluruhan. Misalnya, jika terjadi kekurangan modal kerja maka dapat mengakibatkan hambatan dalam kegiatan operasional perusahaan.

Dalam penulisan ini yang menjadi titik tolak perhatian penulis adalah pada PT. Cipta Karya Makmur Bersama di Makassar, yakni sebuah perusahaan yang bergerak dibidang distributor tunggal susu Dancow             di Sulawesi Selatan. Dimana dalam menjalankan aktivitas operasional perusahaan maka dari tahun ketahun mengalami perkembangan usaha. Namun dalam tahun 2004 laba perusahaan mengalami penurunan. Dengan adanya penurunan laba selama tahun 2004 maka

Perusahaan tersebut berkeinginan untuk melakukan evaluasi terhadap efektivitas penggunaan modal. Sehingga dapat disajikan perbandingan efektivitas penggunaan modal dan profitabilitas perusahaan selama 3 tahun terakhir yakni :

Tabel I

Penggunaan Modal dengan Profitabilitas

Tahun 2002 – 2004

Tahun

Utang Jangka Panjang

Modal Sendiri

Total

ROI

2002

650.000.000

2.479.746.200

3.129.746.200

11,49%

2003

800.000.000

2.853.397.610

3.653.397.610

10,08%

2004

950.000.000

3.119.929.650

4.069.929.650

7,94%

Sumber : PT. Cipta Karya Makmur Bersama Makassar

Berdasarkan latar belakang  masalah  tersebut maka penulis memilih judul penelitian ini yaitu : ”            Implikasi Penggunaan Modal Terhadap Profitabilitas pada PT. Cipta Karya Makmur Bersama di Makassar. ”

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan pada latar belakang yang telah dikemukakan sebelumnya, maka penulis dapat merumuskan masalah pokok yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah “ Apakah penggunaan modal PT. Cipta Karya Makmur Bersama di Makassar sudah efisien dalam meningkatkan profitabilitasnya.”

C.   Tujuan  Penelitian

Adapun tujuan penelitian dari skripsi ini adalah, Untuk mengetahui faktor yang menyebabkan menurunnya ROI.


D.   Manfaat  Penelitian

Sedangkan manfaat penelitian adalah : “Sebagai evaluasi manajemen dalam melakukan aktivitas pendanaan usaha sehubungan dengan perolehan laba perusahaan. “

Iklan

Comments are disabled.

%d blogger menyukai ini: